Minggu, 13 Maret 2011

Review "Ramayana"

[Review buku] Ramayana-Mahabarata
by Rahman ElFath on Saturday, January 29, 2011 at 11:50am
Ramayana.

Kisah terpopuler sepanjang masa ini, dimulai di sebuah kerajaan bernama Kosala dan beribukota di Ayodya.
Negeri ini dianugerahi seorang raja yang adil dan bijaksana. Seluruh rakyatnya pun mendapatkan kesejahteraan dan kemakmuran di segala bidang.

Walaupun telah mampu memimpin dan memberikan kemakmuran di Kosala, raja yang bernama Dasarata merasa hidupnya sangat menyedihkan. Ketiadaan seorang anak laki-laki sebagai pewaris kerajaan menjadi buah pikiran sang Raja selama bertahun-tahun. Ternyata dari cerita tersebut itulah, sejarah Rama, Laksmana, dan Sinta berawal.

Rasanya semua orang pasti mengetahui tentang cerita Ramayana. Ketika isteri Rama, Sita (nama yg populer sih sinta), diculik oleh raksasa berkepala sepuluh bernama Rahwana. Raja diantara raksasa-raksasa di negeri Alengka.

Namun saya jadi mengetahui lebih banyak detail cerita Ramayana ini setelah membaca buku terbitan Bentang yang berisi dua cerita:yaitu Ramayana dan Mahabarata.Bagaimana sejarah kelahiran Rama, bagaimana sikap Rama terhadap masyarakat, dll. Saya baru tahu kalau Rama memiliki beberapa Ibu. Saya baru tahu kalau Laksmana itu ternyata bukan saudara Kandung Rama, dan saya baru tahu kalau Rama itu Inkarnasi dari Wisnu.Sebelumnya juga dikisahkan bagaimana pertemuan Rama dan Sita, sehingga keduanya jatuh cinta.

Buku yang ditulis RK. Narayan ini ternyata adalah rangkuman cerita dari berbagai versi Ramayana yang sangat populer di India. Epik Ramayana ini sesungguhnya ditulis oleh Valmikki (baca: walmikki) dalam bahasa Sansekerta-India.
RK. Narayan mengumpulkan materi cerita dari berbagai sumber. Namun yang utamanya adalah epik yang ditulis pada abad ke 11 masehi dalam bahasa Tamil dari versi penyair bernama Kamban.

Cerita jadi menarik saat Rama hendak dinobatkan menjadi Raja di Ayodya. Setelah semua persiapan penobatan telah matang. Tiba-tiba ada sesuatu yang membuat segalanya berubah. Saat inilah konflik cerita dimulai. Inti masalah timbul akibat ulah teman sepermainan Rama sendiri-Kuni. Tetapi Rama menyadari hal itu karena salah dia sendiri, pernah membuat Kuni terluka walaupun hanya bercanda. Karena Kuni, ibu tirinya Kekayi menagih janji kepada Raja yang dulu pernah memberikan janji karena Kekayi-Isteri termuda raja-pernah menolongnya.


Meski hanya bergurau, jangan pernah sekalipun kita menyakiti dan melukai perasaan siapa saja, bahkan kepada orang yang paling rendah derajatnya.


Hanya 2 permohonan, tetapi hal tersebut sangat mustahil dapat dipenuhi oleh sang Raja. Mengusir Rama ke hutan selama 14 tahun dan mengangkat Barata (anak kandung Kekayi) sebagai Raja, menggantikan Rama. Seluruh rakyat mengutuk perbuatan-permintaan yang di ajukan Kekayi. Bahkan Barata yang pada waktu itu berkunjung ke rumah kakeknya dan tak tahu apa2, menjadi seorang yang tertuduh ikut mengambil singgasana yang akan diduduki Rama. Padahal Barata sangat menghormati dan menyayangi kakaknya Rama.

Saat menjalani pengasingan di Hutan selama 14 tahun bersama Sita dan Laksmana, mereka bertemu seorang perempuan Cantik, wujud dari seorang wanita raksasa yg kejam adik dari Rahwana bernama Sarpakenaka. Karena dia lah Rahwana menculik Sita.

Karena menculik Sita bukan perkara yang mudah, akhirnya Rahwana meminta bantuan pamannya-Marica untuk menyerupai Kijang yang menggoda Sita. Karena tertarik Sita memohon kepada suaminya-Rama, untuk menangkap kijang tersebut. Pada saat itulah Sita diculik Rahwana.

Dalam pencarian dan mengambil Sita kembali dari tangan Rahwana, Rama dibantu oleh sosok-sosok makhluk yg mempunyai kekuatan dan kemampuan luar biasa seperti Hanuman (seekor Kera), jatayu (Garuda) dll.

Setelah mendapatkan Sita dan menduduki singgsananya kembali,ternyata cerita Ramayana ini ternyata belum berakhir. Namun buku ini hanya mengungkap sampai disini saja, karena telah dijelaskan penulis hanya cerita inilah yang begitu populer.

Karena ini adalah buku terjemahan, jadi beberapa kalimat harus dibaca berulang-ulang agar tidak bingung dengan isi ceritanya.

Sementara ini saja reviewnya. Mau tahu lebih lengkap silakan baca sendiri saja. Kalau Mahabarata nya mirip dengan cerita The Palace of Illutions-C.B.Divakaruni yang sudah saya review beberapa waktu lalu. Setelah membaca ini saya akhirnya dapat pengetahuan tentang sejarah/legenda yang ada didunia.




Judul Buku : Ramayana-Mahabarata

Penulis : R.K. Narayan

Penerbit : Bentang

No ISBN : 978-979-1227-54-5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar